Saturday, October 31, 2009

Zuhud Dan Tawakal

a. Zuhud

pr dari : pak gun

1.pengertian, dalil, dan tingkatan zuhud
a. pengertian zuhud

seseorang yang memiliki sikap zuhud akan menunjukkan sikap peduli yang tnggi terhadap sesama manusia. kepeduian yang ada merupakan buah daru keimanan kepada allah sebagai zat yang Maha memiliki. Ia berkeyakinan apapun yang akan dimintai pertanggung jawabkannya kelak di akhirat. perintah bersikap zuhud ., baik secara langsung maupun tidak,terdapat daam keterangan al-quran dan hadits. skap zuhud tidak boeh menghilangkan daya kreativitamu.

b. dalil perintah zuhud
1. alquran
'' dijadikan indah pada pandangan manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita,anak2, harta yang banyak dari jenis emas dan perak, kuda pilihan, binatang -binatang ternak dan sawah ladan(QS.ali imran (3)ayat 14

2. hadits
ibnu majah meriwayatkan, seorang laki-laki datang kepada rasulullah saw. dan berkata ''wahai rasulullah, tunjukanlah kepadaku suatu pebutan yang jika aku lakukan , maka aku akan di cintai leh allah dan juga oleh manusia. rasullah menjawab'' berlaku zuhud -lah kamu terhadap kenikmatan dunia niscaya kamu akan di cintai oleh mereka.

c. tingkatan- tingkatan zuhud

zuhud dapat di bedakan menjadi beberapa peringkat, yaitu sebagai berikut:

1.zuhud paling rendah

tingkatan paling rendah adalah zuhud dari perkara-perkara keduniaan, yaitu walaupun pembawaan dan kecendrungan kepada manusia.

2. zuhud pertegahan
tingkatan zuhud dengan meninggalkan perkara2 keduniaan karena taat kepada atau mencari keuntungan lebih.

3. zuhud paling tinggi
tingkatan zuhud karena taat kepada allah dengan tidak ad pertimbangan yang lain. dengan kata lain, ada atu tidaknya harta dunia sam saja, baginya tidak berdampak appun.

membiasakan perilaku tawakal
a. meningkatkan keimanan kepada allah swt.
b. melaksanakan perintah allah dan menjauhilarangan nya.
c. meningkatkn sikap husnuzan(berbaik sangka kepada allah)
d.meninkatkan keikhlasan belajar,bekerja, dan beribadah.
sumber : grafindo

0 comments:

 
template by suckmylolly.com flower brushes by gvalkyrie.deviantart.com